Selasa, 22 Februari 2011

Pelabuhan Banyuwangi Lama Yang Terlupakan

kondisi pelabuhan Banyuwangi lama saat ini
     Pelabuhan Banyuwangi. Mendengar kata itu, anda pasti akan berfikir tentang pelabuhan Ketapang yang saat ini menjadi penghubung antara pulau Jawa dan Bali.Namun sesungguhnya sebelum  ada pelabuhan besar Ketapang, Pelabuhan utama Banyuwangi terdapat di daerah pulau Santen (sekarang pantai Boom). Dalam perjalanan saya ke pantai Boom, saya sempat membaca beberapa artikel tentang sejarah pelabuhan Banyuwangi lama. Sejak abad 18, daerah pulau Santen telah digunakan sebagai pelabuhan oleh Belanda. Mereka mendirikan benteng didaerah ini untuk melindungi Pendopo Ibukota Blambangan (sekarang pendopo kabupaten Banyuwangi).

pulau yang dahulu menjadi stasiun kereta api barang
 saya pernah diberi tahu oleh ayah saya, bahwa pelabuhan ini dulu adalah pelabuhan tersibuk di Banyuwangi. Dulu juga terdapat stasiun Banyuwangi pelabuhan, sebagai tempat bongkar muat barang yang datang
 maupun hendak dikirim. beberapa perusahaan besar juga pernah mendirikan kantornya disini. Namun karena semakin ramainya pelabuhan ini, sering kali ada beberapa kapal yang tidak dapat melakukan bongkar muat. Akhirnya Pemerintah berinisiatif untuk memindahkan pelabuhan bongkar muat ke daerah Ketapang yang notabene cukup luas untuk bongkar muat. seiring berjalannya waktu, pelabuhan Banyuwangi lama pun mulai terlupakan. kondisinya pun mulai usang karena puluhan tahun tak terpakai. saat ini pelabuhan Banyuwangi lama hanya digunakan sebagai tempat singgah para nelayan. juga menjadi tempat wisata bagi warga sekitar Banyuwangi.walaupun terlupakan, namun jasa-jasamu tetap terkenang di hati warga Banyuwangi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar